Tanda Dan Gejala Penyakit Gagal Jantung

By | August 27, 2016

Penyakit gagal jantung bisa terjadi pada siapapun, hal inilah yang seharusnya bisa menjadi perhatian lebih bagi kita semua. Terlebih penyakit gagal jantung dapat terjadi kapan saja, bahkan yang lebih berbahayanya penyakit ini tidak berpatokan pada suatu tanda-tanda yang signifikan.

Seperti dilansir dari laman Heart pada Rabu, 3 Agustus 2016 lalu untuk mengetahui tanda-tanda dari gagal jantung cukup mudah saja. Dan berikut adalah beberapa tanda dari gangguan gagal jantung yang harus Anda ketahui.

Tanda Dan Gejala Penyakit Gagal Jantung

1. Mengalami sesak napas (dyspnea).

Tanda dari penyakit gagal jantung yang pertama adalah sesak napas. Sesak napas dapat terjadi selama menjalankan aktivitas atau saat tidur dan umumnya datang secara tiba-tiba. Pada saat tubuh sering mengalami kesulitan bernapas dan merasa lelah, cemas, dan gelisah, darah pada punggung yang berdekatan dengan pembuluh darah paru-paru ke jantung tidak bekerja secara efektif sehingga mampu menyebabkan cairan bocor ke paru-paru.

2. Mengalami batuk persisten.

Batuk persisten atau batuk secara terus menerus dan mengeluarkan lendir berdarah atau lendir berwarna menjadi salah satu tanda dari penyakit gagal jantung. Hal ini disebabkan akibat cairan menumpuk yang terjadi pada paru-paru.

3. Terjadi penumpukan cairan dalam jaringan tubuh.

Tanda yang sering dialami pada penderita gagal jantung pada umumnya adalah adanya pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut. Pembengkakan tersebut terjadi karena aliran darah yang keluar dari jantung melambat dan pada akhirnya malah menyebabkan cairan pada jaringan menumpuk sehingga menghasilkan pembengkakan di beberapa jaringan tubuh.

4. Merasakan mudah lelah.

Penderita gagal jantung akan sangat mudah merasa kelelahan dan juga kesulitan dalam menjalankan aktivitas ringan keseharian. Seperti halnya untuk naik tangga atau menenteng barang dengan beban berat.

Akibat dari organ jantung yang tidak berjalan baik dalam memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan jaringan tubuh, terutama pada otot-otot tungkai dan pengiriman darah dari jantung ke otak.

5. Mengalami hilangnya nafsu makan dan merasakan mual.

Perasaan seperti mual, perut terasa penuh, dan merasa sakit di area perut menjadi tanda seseorang mengalami penyakit gagal jantung. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan yang kurang menerima pasokan darah sehingga menyebabkan masalah pada perut dan sistem pencernaanya.

6. Mengalami peningkatan denyut jantung.

Jantung berdebar yang tidak terkendali menjadi tanda umum terakhir dari gagal jantung. Hal ini terjadi karena organ jantung yang cukup kesulitan memompa darah dengan kapasitas normal dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Penyakit gagal jantung bagaimanapun tetap bisa membahayakan kesehatan Anda, maka dari itu sebaiknya hindari segala macam faktor penyebab gagal jantung seperti halnya dari konsumsi makanan yang terlalu berlemak, kurangnya berolahraga dan tidak menjalani pola hidup sehat dengan benar. Bagaimanapun penanganan penyakit gagal jantung tidak boleh ditunda. Pengobatan gagal jantung yang tepat sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *