Informasi Lengkap Tentang Obat Captopril dan Dosisnya

By | September 14, 2016

Obat Captopril masuk dalam golongan obat untuk menghambat enzim. Kegunaan yang paling utama dari obat ini adalah untuk mengobati hipertensi atau darah tinggi dan juga gagal jantung. Selain itu, Captopril juga sangat berguna untuk melindungi organ jantung dari serangan penyakit dan juga ginjal akibat dari diabetes.

captopril

Captopril bekerja dengan cara menghambat suatu produk hormon angiotensin. Hasil dari itu semua, dinding pada pembuluh darah akan jauh lebih rileks dari sebelumnya, sehingga reaksinya dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi, sekaligus meningkatkan suplai darah oksigen ke organ jantung.

Kasus pada penderita gagal jantung, Captopril dapat mengurangi cairan berlebih dalam tubuh, sehingga dengan itu bisa meringankan beban jantung, dan jugan memperlambat perkembangan gagal jantung.

Dosis Obat Captopril :

Dosis Captopril Dewasa ditentukan dengan dilihat dulu kondisi keparahan dari pasiennya, dan juga respon tubuh pasien terhadap obat ini. 150 mg per hari adalah dosis paling maksimal untuk obat ini. Berikut di bawah ini kami akan menguraikan takaran umum penggunaan obat captopril yang telah direkomendasikan oleh dokter ahli.

dosis-captopril

Bagi penderita darah tinggi, serangan jantung dan gagal jantung, dokter ahli berpesan agar meningkatkan dosisnya secara perlahan dan bertahap sampai 150 mg per harinya.

Cara Mengkonsumsi Captopril Sesuai Anjuran Dokter

Minum obat ini sesuai dengan dosis dari dokter yang sudah ditentukan, dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan obat. Biasanya dokter akan memberikan dosis yang sesuai dengan perkembangan penderita untuk mencegah timbulnya efek samping yang berlebihan atau fatal.

Obat Captopril bisa diminum sesudah ataupun sebelum makan. Obat ini sangat dianjurkan diminum sebelum tidur, agar efek sampingnya tidak terasa karena terbantu oleh tidur.

Efek Samping Obat Captopril

Setiap obat jenis kimia pasti memiliki efek samping, termasuk Captopril. Dibawah ini kami akan menginformasikan kepada anda, beberapa efek samping yang terjadi setelah meminum obat captopril:

  • Rambut rontok.
  • Mulut kering.
  • Susah tidur.
  • Gangguan pencernaan.
  • Batuk kering.
  • Mual dan Muntah.
  • Pusing, terutama saat bangun akan berdiri.
  • Diare atau Konstipasi.

Segera hentikan penggunaan obat ini, apabila anda mengalami efek samping serius seperti ruam parah pada bagian kulit anda, lalu segera periksakan kondisi anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *