Kebiasaan Yang Mengakibatkan Asam Lambung Naik

By | November 22, 2016

Wajib Diketahui, 4 Kebiasaan Yang Mengakibatkan Asam Lambung Naik

Apakah anda pernah mengalami asam lambung naik? Asam lambung naik atau heartburn terjadi ketika isi lambung kembali naik sampai muncul sensasi terbakar atau panas di dada dan tenggorokan. Segeralah atasi masalah asam lambung naik dengan obat penyakit asam lambung tinggi yang terbuat dari bahan alami sekarang juga.

Rasa panas di dada tersebut adalah salah satu gejala asam lambung naik. Gejala lainnya seperti sakit tenggorokan, batuk kering, kesulitan menelan dan muntah makanan atau cairan asam.

Asam lambung yang terus terjadi adalah gejala utama dari penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease.

Asam lambung naik seringkali disebabkan oleh makanan pedas dan berlemak. Akan tetapi selain makanan, asam lambung juga bisa dipicu oleh kopi.

Memang pemicu dari asam lambung naik pada setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi sebagian besar orang sering mengalami asam lambung naik sesudah konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi dan cokelat.

Bukan hanya minuman berkafein saja, ada 4 kebiasaan yang mengakibatkan asam lambung naik, simak langsung dibawah ini :

Minuman keras dan rokok
Alkohol serta tembakau bisa mempengaruhi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah yang memberi efek pada air liur dan memicu asam lambung naik. Menurut para ahli, alkohol serta tembakau bisa membuat dehidrasi yang dapat menurunkan jumlah air liur dalam mulut.

Makan terlalu malam
Hindari makan 2 jam sebelum tidur untuk menghindari asam lambung naik. Karena ketika anda tidur dalam posisi apapun akan membuat asam lebih mudah untuk kembali ke tenggorokan. Makan sebelum tidur artinya memulai pencernaan yang bisa memperbanyak asam dalam perut.

Makan lebih dari tiga kali sehari
Sesudah anda mulai makan, tubuh segera memulai pencernaan dan mulai memproduksi asam lambung. Semakin banyak makanan yang dimakan, maka semamin lama waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan makanan dan asam untuk usus. Sehingga tubuh memproduksi semua asam tersebut dan tidak mengosongkan asam dalam usus kecil. Itu berarti ada lebih banyak kesempatan bagi beberapa asam naik dari perut ke tenggorokan.

Permen karet
Apabila anda suka konsumsi permen karet rasa peppermint, cobalah untuk hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Seperti kafein, peppermint juga dapat melemaskan otot sphincter yang membuat asam lambung meningkat. Hindari makanan atau minuman yang mengandung peppermint termasuk teh, permen dan makanan penutup, untuk menghindari asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *