Kandungan Dan Manfaat Jengkol Untuk Diabetes

By | September 16, 2016

Khasiat dan manfaat jengkol untuk diabetes mungkin tak pernah anda katahui sebelumnya. Dan yang hanya anda ketahui, bahwa lalapan yang cukup di gemari oleh masyarakat Indonesia ini memiliki bau khas yang menusuk hidung. Di sisi lain, banyak orang yang membencinya. Karena aroma jengkol yang khas membuat seseorang tidak akan betah, yang mana aroma tersebut akan muncul pada bau mulut dan juga urin.

Namun, mulai sekarang anda jangan lagi meremehkan jengkol. Karena perkembangan teknologi yang semakin bertambah, semakin banyak pula penelitian yang menunjukkan bahwasannya jengkol sangat bermanfaat untuk kesehatan. Termasuk salah satunya menjadi obat diabetes alami.

manfaat-jengkol-untuk-diabetesTentunya manfaat dari jengkol dapat didapatkan secara mudah. Cara pertama, dapat di lakukan dengan mengonsumsinya secara langsung (sebagai lalapan). Selain itu, manfaat jengkol juga bisa di dapatkan pada olahan menu lezat yang sangat di gemari, seperti semur jengkol dan rendang jengkol. Namun untuk penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsinya sebagai lalapan.

Kandungan dan manfaat jengkol untuk Diabetes

Perlu anda ketahui, bahwasannya jengkol mengandung serat, asam jengkolat, vitamin dan juga mineral. Selain itu, jengkol juga bersifat dieureutik yang dapat membuat pembuangan urine anda semakin lancar. Dan karena jengkol memiliki kandungan yang sangat baik untuk pencernaan, maka jengkol juga memiliki peringkat kedua sebagai makanan pelangsing perut selain apel.

manfaat jengkol untuk diabetes sangatlah efektif. Hal tersebut di karenakan jengkol mengandung asam dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut mampu menurunkan kandungan gula darah dalam tubuh secara cepat.

Namun yang perlu di garis bawahi di sini adalah tidak mengonsumsinya secara berlebih. Karena jika asam jengkolat yang terkandung di dalam jengkol di konsumsi secara berlebih, maka dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Hal ini di sebabkan karena, asam jengkolat tidak mudah larut dan berbentuk kristal. Maka banyak pula kasus yang terjadi, jika mengonsumsi jengkol secara berlebih dapat menyebabkan sulit buang air kecil, karena ketidak mampuan ginjal untuk menyaring asam secara berlebih.

Jengkol juga mengandung nutrisi lainnya seperti karbohidrat, vitamin A dan B, mineral, protein, kalsium, fosfor, steroid, tanin, saponin, serta glikosida. Dan selain dapat di jadiokan sebagai obat alami diabetes, jengkol jua sangat berkhasiat untuk kesehatan lainnya seperti mencegah sembelit, mencegah anemia, melancarkan pencernaan, baik untuk kesehatan tulang dan juga jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *